Penghasilan Games Mobile Legend mencapai 2,9 Triliun

Walaupun Mobile Legends kalah di pengadilan melawan Tencent, dan diharuskan membayar denda sebesar 42 miliar, tapi dengan total penghasilan sebanyak 2,9 triliun, tentu saja tidak menjadi masalah yang berarti bagi Moonton, perusahaan yang memiliki lisensi Mobile Legends tersebut.

Sebagai informasi, mobile MOBA Mobile legends telah melewati penghasilan 200 juta dollar dalam pembelanjaan global , sejak game tersebut diluncurkan pada bulan november tahun 2016 yang lalu.

Amerika Serikat menjadi negara ketiga pasar terbesar game Mobile Legends, dengan pembelanjaan sebesar 12 persen dari total penghasilan Moonton. Dua negara lainnya dimana mobile legends sangat popular adalah Indonesia dan Malaysia.

Walaupun Tencent menggelontorkan dana yang cukup besar untuk mempromosikan Arena of Valor sebagai esports, tapi penghasilan dari game dengan nama AoV tersebut tidaklah sebanding dengan Mobile Legends. Menurut Sensor Tower, Mobile legends menghasilkan pendapatan sebesar 2 juta dollar di bulan juni ini, dimana gabungan dari Arena of Valor dan Vainglory hanya sebesar 720 ribu dollar.

Jadi walaupun kalah dalam gugatan di pengadilan, pihak Moonton tentulah tidak terlalu pusing. Karena penghasilan mereka jauh lebih besar daripada denda gugatan yang harus dibayar.

Salah satu negara penikmat game mobile lagend terbesar adalah indonesia. Sangat laku di Indonesia, game mobile ini mengundang rasa penasaran soal penghasilan dari Mobile Legends: Bang Bang. Rasa penasaran ini lahir dari kenyataan game besutan Moonton ini berhasil menduduki game terpopuler di dua operating system (OS) sekaligus, yaitu Android dan iOS. Bukan cuma terpopuler, ML alais Mobile Legends juga masuk dalam daftar Top Grossing Games.

Buat yang belum tau, Top Grossing games sendiri adalah kategori untuk game-game yang berhasil ‘menguras’ uang para pemainnya. Yeap, walaupun untuk meng-install game ini gratis, pemain-pemain banyak yang menghabiskan uang mereka lewat layanan in-app purchase seperti berlangganan starlight atau membeli diamond.

Saat di telusuri lewat Think Gaming, revenue mobile legends sampai 650 jutaan rupiah per harinya. Eits, itu khusus untuk perangkat iPhone dan region Amerika doang. Kerennya lagi, kalau dilihat dari situs sensor tower, kontribusi negara Amerika sendiri Cuma 11 persen aja. Bisa dibilang, penghasilan per hari dari Mobile Legends bisa berkali-kali lipat dari 650 jutaan rupiah tadi.

Dilihat dari chart-nya,  Indonesia menempati peringkat ke-2 pemain terbanyak Mobile Legends dengan besaran 12 persen, Peringkat pertamanya sendiri di pegang oleh Philipina dengan perolehan 13 persen dan peringkat ke-3 dipegang oleh Amerika Serikat dengan perolehan 11 persen. 

Meski demikian Mobile Lagend harus lebih inovatif lagi mengembangkan mode permainan, mengingat banyak pesaing semisal AOV, Vain Glory dan DOTA2 Mobile yang siap mengambil alih pasar games di indonesia. 



Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Penghasilan Games Mobile Legend mencapai 2,9 Triliun"