Manfaat Tak Terduga Mengkonsumsi Bawang Putih

Kita sebagai warga indonesia tentu tidak asing dengan namanya bawang putih yang memiliki nama latin allium sativum. Bawang putih termasuk dalam keluarga amarilis (amaryllidaceae) dan bersoudara dengan bawang merah. Tanaman ini adalah umbi siung asli budidaya masyarakat asia tengah, tetapi juga tumbuh liat di itialia dan daerah perancis. Dalam satu bawang putih biasanya terdapat 7-12 siung. Setiap siung biasanya memiliki berat sekitar 6-8 gr maka per 100 gr bawang putih kira-kira mengandung. 

  • 4 kalori 
  • 1 gr karbohidrat 
  • 0,2 protein 0,1 serat 
  • 0,1 mili gr mangan (setara dengan 3 persen tubuh)
  • 0,9 mili gr vcitamin C (setara dengan 2 % kebutuhan harian tubuh)
  •  5,4 mili gr kalsium (setara dengan 1 % kebutuhan harian tuibuh)
  • 0,4 mikro gr ( setara 1 % kebutuhan harian tubuh)

Bawang putih juga mengandung senyawa sulfur aktif seperti allilin,allyl propyl disulfide,dialill disulfida,serta dialil trisulfida. Ketika bawang putih mentah dikunyah dalam mulut maka zat-zat tersebut akan bereaksi.

Manfaat bawang putih untuk keseehatan diantaranya :

1. Mencegah kolestrol tinggi

Bawang putih sejak zaman dahulu sudah dipercaya masyrakat untuk mencegah kolestrol tinggi,hal ini diperkuat dengan penelitian yang dimuat dalam journal of postgraduate medicine melaporkan bahwa ketika kita mengunyah 1-2 siung bawang putih mentah setiap hari maka dapat menurunkan kolestrol cukup drastis dalam satu bulan.

Peneliti menemukan manfaat ini berasal dari kandungan allicin dalam bawang putih,uniknya allicin hanya diproduksi pada saat ketika kita memotong,menguyah & menumbuk bawang putih. Allicin menghambat enzim yang berperan dalam pembuatan kolestrol.

2. Melawan radang,pilek & batuk

Bawang putih adalah salah satu obat alami untuk memperkuat daya tahan tubuh. senyawa aktif allicin yang terdapat pada bawang putih terbukti sangat manjur untuk membunuh kuman penyebab penyakit umum seperti halnya : batuk,pilek,flu & radang tenggorakan. Ketika kita lagi sakit batuk,pilek,flu & radang tenggoorakan,dengan mengunyah bawang putih dapat menunjang serta mempercepat penyembuhan.

3. Mengendalikan tekanan darah

Jika saudara & kerabat,bahkan diri kita sendiri termasuk orang yang memiliki kemungkinan atau sudah mengidap darah tinggi (hipertensi). Menerapkan pola makan sehat merupakan satu-satu nya kunci agar kita tetap sehat. Dari sekian banyak obat kimia untuk mengatasi hipertensi,ternyata tanpa kita sadari bawang putih  dapat mengendalikan tekanan darah kita, hal ini berasal dari kandungan alicin yang hanya bisa di dapat ketika kita mengunyah bawang putih. Selain itu bawang putih juga mengandung polisulfida yang berfungsi untuk memperlebar pembulu darah sehingga menurunkan tekanan darah.

4. Menyehatkan jantung

Bawang putih sangat berpotensi untuk mencegah resiko penyakit jantung karena bawang putih dapat mengendalikan tekanan darah sehingga hal ini dapat mengurangi terkena penyakit serangan jantung. Penelitian yang dilakukan oleh jounal of nutrrition dengan menggunakan aged garlic menunjukan efek penurunan kadar kalsium dan protein C-reaktif dalam arteri jasntung. Endapan kalsium  dalam arteri jantung adalah tanda adanya penumpukkan plat yang dapat mempersempit serta menyumbvat arteri. Sementara protrein C-reaktif adalah protein khusus yang memicu peradangan. Kedua hal tersebut memicu ateros klerosis sehingga kita sangat rentan terkena serangan jantung atau struk.

( Author : Akhmad Iskandar Muda)

Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Manfaat Tak Terduga Mengkonsumsi Bawang Putih"