Cara Terbaru Supaya Artikel Cepat Terindex (Fetch as google)


Untuk membantu supaya artikel kita cepat terindex adalah salah satunya fitur fetch as google pada search console, sayangnya fitur ini baru saja di hapuskan oleh pihak google. Banyak dari kita kebingungan bagaimana cara terbaru melakukan fetch as google. Pada tampilan search console terbaru tidak ada fitur crawl dan fectch as google. Lantas bagaimana caranya ?

Fitur fetch as google hanya ada pada Search Console yang lama, sedangkan pada versi yang baru sudah tidak ada lagi. Saya sendiri yang terbiasa menggunakan fetch as google pada versi lama, kebingungan. Karena dengan melakukan fetch as google ini, sangat membantu postingan blog kita untuk segera diindeks atau diambil oleh google. Yang tujuan akhirnya adalah agar artikel blog kita bisa muncul di hasil penelusuran mesin pencari.

Lalu kenapa ada versi baru kalau tidak bisa mendapatkan fitur itu? 

Rupanya google sedang memaksimalkan dan membatasi artikel terindeks. Google menyortir secara ketat konten atau artikel demi keamanan terhadap konten-konten terlarang. Jadi negatifnya artikel yang kita ajukan belum pasti bisa terindex, ada beberapa prosedur pemeriksaan.

Fitur fetch as google sekarang di gantikan dengan inspeksi url. Caranya ternyata lebih mudah dari pada fitur sebelunya. Berikut ini adalah cara melakukan inspeksi url :

Persiapan
Paling pertama, pastikan dulu bahwa blogmu sudah terdaftar (ditambahkan sebagai properti) di search console.

Kemudian, pastikan dulu bahwa kamu menggunakan search console yang versi baru. 

Cara
Pada versi baru, beranda search console langsung pada 'Sekilas'. Nah, dari itu saja sudah kelihatan inspeksi URL. Ada dua cara untuk melakukan inspeksi URLLangsung ketikkan/tempelkan link yang sudah disalin pada kolom yang tersedia ketika berada di beranda (Sekilas) >> Enter.

Klik Inspeksi URL (Ada di menu samping) >> Tempelkan link yang sudah disalin >> enter.

Jika keterangan yang muncul 'URL tidak ada di pada halaman google, tidak perlu khawatir dan perhatikan lahkah selanjutnya yaitu klik minta pengindeksan. 
Tunggu proses pengujian apakah URL bisa diindeks atau tidak > Klik ok, jika muncul konfirmasi bahwa URL sudah masuk ke dalam daftar antrian pengindeksan / crawl prioritas.

 Catatan :
Saat menyalin URL / link postingan blog, jangan lupa untuk menyalin secara keseluruhan. Karena format yang ada pada versi baru ini, berbeda dengan format yang ada di versi lama. 

Pada versi lama, untuk menempelkan URL postingan kita pada fitur fetch as google, kita hanya perlu menyalin / copy "tahun/bulan/judul postingan.html". Tetapi, pada versi baru ini, kita harus menyalin secara keseluruhan, yaitu "https://namablogmu.blogspot.com/tahun/bulan/judul postingan.html.
Semoga bermanfaat. 


Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara Terbaru Supaya Artikel Cepat Terindex (Fetch as google)"