5 Sumber Energi Alternatif Beserta Pengertian, Contoh, Manfaat

Energi alternatif adalah energi yang dihasilkan dari inovasi-inovasi penganti energi konvesional menjadi energi terbarukan. Kali ini kita akan membahas apa saja sumber energi alternatif yang bisa menjadi penganti energi konvesional.

1.SUMBER ENERGI ALTERNATIF TIDAL
Sumber Energi Alternatif Tidal

Energi tidal adalah energi pasang surut yang terdapat pada air laut, energi yang satu ini mungkin masih asing di telinga kita atau bahkan belum pernah didengar sebelumnya. Jika dibandingkan dengan energi angin dan energi surya, energi tidal ini memang tidak terlalu dikenal. Namun memiliki beberapa keunggulan yaitu memiliki aliran energi yang lebih mudah untuk diprediksi.

Selain itu energi tidal ini juga lebih hemat ruang, dan tidak membutuhkan teknologi konversi yang rumit. Kelemahan dari energi tidal diantaranya yaitu membutuhkan alat konversi yang handal dan mampu bertahan di air laut, terutama tingkat korosi dan dari kuatnya arus serta badai laut. Karena prinsip kerjanya adalah saat air pasang maka air laut dengan volume jutaan kubik naik ke daratan.
Pengertian energi alternatif, manfaat energi alternatif, jenis jenis energi alternatif, keuntungan energi alternatif, sumber energi alternatif, dll.

2.SUMBER ENERGI ALTERNATIF GELOMBANG LAUT
Sumber Energi Alternatif Gelombang Laut

Bukan hanya energi tidal yang memanfaatkan air laut, tetapi energi yang satu ini juga dapat dimanfaatkan yaitu energi gelombang laut. Energi yang berasal dari gelombang laut tersebut dapat dikonversi menjadi tenaga listrik. Prinsip kerjanya adalah dengan mengumpulkan energi dari gelombang laut, untuk memutar turbin pada generator.

Kini sudah ada beberapa negara yang telah berani mengembangkan energi gelombang laut tersebut, sebagai salah satu potensi yang berasal dari laut yang manfaatnya cukup banyak untuk manusia.

3.SUMBER ENERGI ALTERNATIF ETANOL
Sumber Energi Alternatif Etanol

Etanol atau biasa disebut etil alkohol adalah sumber energi alternatif yang berasal dari alkohol hasil dari suatu proses fermentasi pada tumbuhan tertentu. Seperti pada tumbuhan jagung dan juga gandum. Contoh negara maju yang sudah mengembangkan energi alternatif etanol adalah negara Brazil.

Pada saat ini negara Brazil telah menjadi negara nomor 1 yang menggunakan energi etanol sebagai pengganti bahan bakar kendaraan. Negara ini sudah menjadi pengembang energi alternatif etanol dengan sangat baik. Sekitar 15 milyar energi etanol sudah dihasilkan setiap tahunnya oleh negara Brazil tersebut.

4.SUMBER ENERGI ALTERNATIF PIEZOELEKTRIK
Sumber Energi Alternatif Piezoelektrik

Energi piezoelektrik merupakan suatu sistem yang dapat menghasilkan listrik yang berasal dari hasil pengubahan energi mekanik. Sistem penghasil energi yang satu ini sangat baik jika diterapkan di tempat umum seperti yang terpasang pada sebuah lantai di stasiun kereta di Jepang, dan di lantai rumah disco di Inggris.

Sumber energi piezoelektrik ini memiliki prinsip kerja yaitu dengan tekanan dari orang-orang yang berada di tempat itu, yang kemudian akan dikonversi menjadi listrik. Sehingga energi tersebut dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik di sekitar tempat tersebut.

5.SUMBER ENERGI ALTERNATIF ENERGI NUKLIR
Sumber Energi Alternatif Energi Nuklir

Energi nuklir adalah suatu jenis energi yang berasal dari reaksi berantai dari bahan-bahan radioaktif, yang terjadi di dalam sebuah reaktor. Energi yang dihasilkan oleh nuklir ini merupakan jenis energi yang sangat besar. Sebagai contoh sebanyak 1 gr zat radioaktif dapat menghasilkan listrik sebanyak 50 ribu kwh/jam. Jadi energi nuklir ini sangat baik digunakan untuk kebutuhan listrik.

Energi alternatif nuklir yang satu ini juga tidak memancarkan gas pada rumah kaca, dan tidak akan menyebabkan pemanasan global. Sudah ada banyak negara yang mengembangkan potensi dari energi nuklir ini, salah satunya negara Jepang. Bahkan hampir seluruh kebutuhan listrik di Jepang berasal dari energi nuklir.

Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "5 Sumber Energi Alternatif Beserta Pengertian, Contoh, Manfaat"